APAKAH MEMUNGKINKAN BAGIKU MENGHAFAL ALQURAN DAN AKU TELAH MENCAPAI USIA 30 TAHUN?

“Syaikh Utsaimin ditanya oleh seseorang yang usianya telah mencapai 30 tahun dan ia menginginkan untuk menghafal Al-Qur’an.
Apakah usia ini (30 tahun) pantas untuk itu (menghafal Al-Qur’an)

Syaikh Utsaimin berkata :
Menghafal Al-Qur’an tidaklah memiliki batasan usia tertentu, akan tetapi Al-Qur’an butuh kepada penjagaan lebih banyak dari selainnya.
Berdasarkan sabda Nabi _’Jagalah/peliharalah Al-Qur’an, demi dzat yang jiwaku berada di tangannya sungguh Al-Qur’an lebih mudah lepas (hilang) dibandingkan unta dari ikatannya.’_

Maka hafalkanlah Al-Qur’an dan janganlah berputus asa, walaupun engkau telah mencapai usia 30 tahun. Kemudian jagalah ia dan perbanyaklah dalam membacanya, maka engkau akan mendapatkan 10 kebaikan dari setiap huruf yang telah engkau baca, walaupun hanya untuk menjaganya.
Maka hafalkanlah Al-Qur’an walaupun enkau telah berusia 30 tahun.

Allah mengetahui niatmu, bahwasanya engkau bersemangat untuk menghafalnya dan menjaganya. Allah akan menolongmu untuk menghafalnya.
Karena Allah telah berfirman: _’Dan sungguh Kami telah memudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? [Al qomar:17] ‘_

Para sahabat yang mana mereka telah berislam, mereka menghafal Al-Qur’an dalam keadaan mereka telah lanjut usia, dan usia tidaklah menghalangi mereka dari menghafal Al-Qur’an”

(Jalasah Romadhoniah, 18/12)

هل يمكنني حفظ القرآن وقد جاوزت الثلاثين من عُمُري؟!

سُئل العلامة العثيمين رحمه الله عمن بلغ الثلاثين من عُمُره وأراد حفظ القرآن، وهل هذا العمر مناسب لذلك، فقال:

بالنسبة لحفظ القرآن فليس له سن معين؛ لكن القرآن يحتاج إلى تعاهد أكثر من غيره؛ لقول النبي ‏ﷺ: (تعاهدوا القرآن، فوالذي نفسي بيده لهو أشد تَفَصِّيًا من الإبل في عُقُلِها).
فأنت احفظ القرآن ولا تيأس، ولو كان بلغت الثلاثين؛ ولكن تعاهده وأكثر من قراءته، ولك في كل قراءة تقرؤها في كل حرف عشر حسنات، ولو للتحفظ، حتى ولو كان للتحفظ، فحافظ على القرآن ولو كنت ابن الثلاثين.
وإذا علم الله من نيتك أنك حريص على حفظه وبقائه أعانك عليه؛ لأن الله يقول: ﴿ولَقَدْ يَسَّرْنا القُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُدَّكِرٍ﴾ [القمر:١٧].
والصحابة الذين أسلموا حَفظوا القرآن وهم كِبار، ولم يمنعهم تقدم السِّنّ مِن حفظ القرآن».

جلسات رمضانية (١٢/‏١٨) بترقيم الشاملة
➖➖➖➖➖➖➖➖
Media Salafy Lampung
Join Channel Telegram
t.me/salafylampungcom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *